Senin, 21 April 2008

Bibit Belut

Bibit sebagai awal dari sebuah siklus kehidupan memegang peranan penting. Pemilihan bibit yang bagus akan menghasilkan panen yang memuaskan juga. Dari beberapa literatur yang di tuliskan bahwa bibit yang bagus adalah bercirikan sehat, gerakan gesit, tidak ada luka, ukuran serangam. Gerakan yang gesit menandakan bibit dalam keadaan sehat tidak lemas, biasanya kalau kita pegang akan berontak lepas, untuk mengecek jika masi h dikolam dikagetkan saja, seperti dinding kolam di pukul-pukul sehingga bunyi, jika bibit sehat maka akan di respon oleh bibit untuk lagi tunggang langgang. Bibit yang kurang sehat akan berada di pemukaan media. Luka pada bibit bisa menyebabkan kematian bagi di belut, jika luka ini cepet menyebabkan jamur maka akan berakibat pada bibit yang lainnya. Ukuran yang sama memudahkan kita dalam panen nantinya,dan mengurangi kanibalisme antar belut, karena kalau nantinya ukuran tidak sama maka yang kecil akan dimakan yang besar.
Berikut saya coba sharing tempat penyedia bibit belut ayng berada di kabupaten pati, informasi ini saya dapatkan dari Bapak Agus dikendal dan saya lakukan pengecekan di alamat tersebut. Benar keberadaanya kalau tempat tersebut menyediakan bibit belut dan belut konsumsi. Bibit yang disediakan menurut informasi adalah hasil budidaya untuk jenis kayu dan pisang, istilah ini sudah umum di pasaran, suatu saat nanti saya coba lebih lanjut telusuri soal jenis belut ini.
Berikut alamat penyedia bibit tersebut

CV. A-mtd Raja P.A.S.A (PERKASA ALITAMA SUKSES MANDIRI)
BAPAK ALI MURTADHO
JL. PATI - KUDUS
PERUM SUKOHARJO INDAH BLOK A No.3
DS. SUKOHARJO KEC. MARGOREJO KAB. PATI
JAWA TENGAH
TELP. 081325090629 DAN 085865646069


untuk pemesanan silahkan kontak langsung dengan bapak ALI, harga dan prosedure pemesanan. Bibit akan diberikan garansi dan penggantian jika terjadi kematian.
Berikut gambar-gambar yang saya ambil dari kolam penampungan Bapak ALI.

Bibit dicoba untuk diangkat untuk melihat keserangaman bibit.








Tampilan belut dalam kolam penampungan








Belut yang sudah besar salah satu contoh hasil panen.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Admin, tolong share No. Telp yang bisa dihubungi. No. Telp yang tertera diatas nggak ada yang bisa dihubungi, atau bagi pin BB juga boleh

Unknown mengatakan...

Oh ya pak.Berapa harga bibit belut.klu kirim ke pati.maksimal kirim berapa kilo