Rabu, 19 Desember 2007

Nasib Printer


Jangan diledekin kalau kasih judulnya agak norak, habis pas nulis ini lagi rada puyeng mikirin printer. Sudah hampir 2 tahun ini pegang printer buat cetak mencetak, sebelumnya si sudah cuman dah serutin 2 tahun ini, karena ada sedikit usaha buat tambah-tambah dari cetak mencetak.
Kalau kita cermati perkembangan printer ini sangat cepat, hampir seperti perkembangan HP jaman sekarang ini, kurang dari 1 tahun, mungkin tiap 6 bulan selalu di rilis printer-printer seri terbaru dari merek-merek yang tidak asing bagi kita. Emang dunia Digital semakin maju, semua serba digital. Saya sendiri mengambil manfaat dari perkembangan printer ini. Kalau tidak salah mulai tahun 2004 lalu printer berkembang pesat, kalau saya melihat ini dipacu dengan semakin mudahnya cetak mencetak dokumen. Karena tuntutan untuk mencetak banyak maka mulai berkembang adanya tinta compatibel, tinta kompatibel, dan sekarang maraknya CIS (Continous Infus System). Sekarang tidak lagi sulit untuk menemukan tinta yang botolan atau masih dalam bentuk suntikan, karena toko-toko komputer sudah menyediakan, dan banayak franchise yang bergerak dibidang tinta dan catrid ini. Meraka akan menawarkan banyak kemudahan, dan tentunya Kemurahan harga, dibanding kita membeli catrid asli. CIS adalah sistem yang banyak

diminati oleh para penggunan yang membutuhkan banyak tinta untuk mencetak dokumen. Oh ya kenapa disebut infus karena sistem ini hampir sama dengan infus yang untuk manusia itu, jadi catrid dihubungkan dengan selang dan wadah tinta yang cukup sekitar 80 ml bahkan ada yang lebih. Dengan adanya sistem ini kita akan bisa terus menerus mencetak tanpa harus memikirkan harus ganti katrid.
Nah dari sini ini mungkin para produsen printer yang mulai giat membuat printer dan lounching tiap 6 bulan sekali untuk mengurangi "penjiplakan" ini. Memang kalau kita pikirkan punya printer itu yang mahal bukan beli printernya tapi beli catidnya, bayangkan saja harga printer terbaru kalau ndak salah epson C90 hanya 470 rb. Tapi kalau habis catrid kita harus merogoh uang lebih dari 400ribu untuk beli 4 catridnya. padahal itu mungkin hanya buat ngeprint 10-15 lembar A4 foto, betapa mahalnya. kalau kita untuk usaha sapa yang mau beli produk kita.
Kalau kita bandingkan dengan beli catrid kompatibel sekitar 100 ribu untuk 4 catrid (tergantung seri printer). Kita bayangkan lagi kalau pakai CIS dengan tinta botolan, CIS sekitar 300 rb + tinta 400 ml, dah bisa seabrek untuk cetak.
"TAPI" inget kita juga harus hati-hati dalam memilih tinta dan CIS, lha seabrek produk tinta dan CIS.
Trus tadi arah tulisanya kemana ya, malah kesana kemari. nanti lain waktu saya akan coba ulas sedikit pengalaman saya dengan printer

Tidak ada komentar: