Senin, 31 Desember 2007

Setup Internet Information Servis (IIS)


Baru kenalan ama yang namanya IIS, dah lama sebenarnya lihat temen yang main web sering masuk ke aplikasi ini, cuman baru kali ini bener-bener memakai. saya coba tuliskan pengalaman pertama pakai IIS, cuman ya sekedar yang saya tahu dulu, nanti setelah tahu mendalam kita bahas lagi.
IIS (Internet Information Servis) adalah fasilitas yang disediakan oleh windows, kalau ndak salah di windows 2000 dan XP untuk yang profesional. Dulunya fasilitas ini hanya ada di server namun untuk selanjutnya untuk personal kita bisa memakainya, minimal untuk uji coba web yang sudah kita buat. Ceritanya saya penasaran pengin punya web dan Desain sendiri, awalnya cari-cari web hosting gratis, dah dapat di webNg belum tahu kelanjutannya, tapi sudah saya coba masukkan halaman web dan berjalan. Nah untuk test webnya tadi aku ncobanya pakai IIS di komputer aku, ndak susah kok.
Yang perlu kita siapkan adalah CD windows yang dulu kita pakai untuk install komputer kita, karena sebenarnya ini hanya menambahkan komponen pada windows. Masuk ke Control Panel, kemudian pilih disisi kiri add/remove Windows componens.

Pilih dan centang Internet Information servis, untuk melihat detail semua item yang ada klik Detail, kata temen aku yang ngajari aku, yang SMTP dndak usah dipilih karena nanti komputer jadi berat sebab itu untuk set email, kecuali kita emang mau buat mailserver.
Setelah di OK, klik next untuk melanjutkan proses instalasi, windows akan meminta cd instalernya, masukkan cd yang sesuai dan tunggu sampai proses selesai.
Maka IIS dah di install di komputer kita dan siap untuk digunakan.

Berikutnya kita set passwordnya, agar web yang kita pasang di komputer kita bisa di lihat orang lain.
Masuk ke Contol Panel, Administrative Tools
Pilih Internet Information Serivis
Setelah tertampil nama komputer, akan tertampil Web Sites dan FTP, klik Web sites
Pilih Default Web Sites, klik kanan Properties
Pilih Tab Directory security, Klik Edit
Browse nama user dengan nama IUSR_namakomputer, karena ini user public, jika tidak ketemu find user dan advance
Kemudian tekan OK sampai semua windows tertutup.
IIS siap digunakan

Untuk memasukkan desain web kita, desain kita masukkan ke dalam direktori C:\inetpub\wwwroot dengan nama awalan index.html
Selamat mencoba semoga sukses.

Tidak ada komentar: