Selasa, 08 Januari 2008

Insektisida yang aman

Artikel Ini saya copy dari Bursa Internet
Semoga bermanfaat.

Saya menghabiskan sejumlah waktu pada minggu ini untuk membantu Lisa dengan bunga-bunganya. Pada musim ini, serangga benar-benar memakan tanaman, jadi kami memerangi mereka. Beberapa dari hama tersebut memerlukan bahan kimia komersial untuk membunuh mereka, tapi seringkali Lisa menggunakan bahan dari dapur. Untuk membuat insektisida yang ramah lingkungan, anda akan memerlukan:

* Sebuah botol 2 liter
* Sabun cuci piring
* Air
* Botol penyemprot
* Sendok teh

Tambahkan 4 sendok teh sabun cuci piring ke dalam botol. Kemudian penuhi dengan air. Tutup dan kocok sebentar hingga tercampur. Lalu masukkan ke dalam botol penyemprot. Gunakan ini untuk menyemprot tanaman yang dikerubungi kutu atau serangga hama lainnya.
Bagaimana hal ini bekerja sederhana?

Itu sehubungan dengan cara serangga bernafas. Daripada bernafas lewat hidung atau mulut, serangga bernafas lewat lubang-lubang pada perutnya yang dinamakan spiracle. Bayangkan jika anda memiliki lubang-lubang di sekeliling pinggang anda di mana anda bernafas melaluinya. Tubuh serangga dilapisi oleh kulit ari yang kedap air. Hal tersebut berarti air akan mengalir dari si serangga, dengan demikian ia tidak terbenam dikarenakan spiraclenya tertutup air. Larutan sabun menempel pada kulit air ini dan tidak mengalir. Lapisan kulit ari tersebut bahkan menarik larutan sabun ke dalam spiracle sehingga serangga tersebut tidak bisa bernafas.

Agar penyemprotan bekerja baik, anda harus menyemprot langsung ke serangga tersebut, sehingga air sabun bisa mencapai spiracle. Jika cuma menyemprot ke tempat, di mana serangga akan lewat, tidak akan memberikan hasil. Jika anda menyemprot langsung ke serangga, maka larutan sabun tersebut akan membunuh semut, kecoa, jangkrik, kutu dan serangga lainnya. Bahkan laba-laba juga akan terbunuh, jadi hati-hatilah untuk tidak penyemprot pada mahluk yang berguna untuk mengendalikan hama ini. Semprotan ini tidak berbahaya bagi burung, kadal, ular, adik kecil atau mahluk sejenis lainnya. Tapi, jangan menyemprot adik kecil anda bahkan jika dia biasanya menghindari air bersabun.

Tidak ada komentar: