Kamis, 20 September 2007

Strowbery Pot

hemm puasa-puasa begini ngomongin makanan ndak batal khan? saya mau sharing dikit dengan yang namanya tanaman strowbery, buahnya yang merah dan bentuknya yang seperti jantung ini banyak yang suka, termasuk saya, cuman jarang makan, jadi malu suka kok jarang makan, ya karena beberapa waktu yang lalu susah mendapatkan dan harganya yang cukup mahal bagi kantong saya.
Karena penasaran dengan tanaman ini pernah dulu pas piknik ke jawa barat, dimana ya tepatnya, kalau ndak salah di objek wisata Tangkuban Perahu, disana ada yang jualan strowbery dan petik sendiri, cuman sayang saat itu jarang buah yang mateng, ya ambil secukupnya saja. Tapi ada yang jual tanaman ini dalam polibag (kantong platik hitam, tebal yang khusus buat tanaman. Ya mau ndak mau tak beli dan tak bawa pulang walaupun banyak temen yang ngomel karena tanaman seprti itu kok dibawa jauh-jauh. Alhasil karena tanaman ini berasal dari daerah dingin dan daerah aku kebetulan panas, umurnya ndak panjang, kalau ndak salah cuman 1 bulan dan sempet berbuah.
Tapi jangan salah walaupun tanaman ini hanya seperti perdu dari referensi yang pernah saya baca katanya mampu berumur 2 tahun, dan kalau kondisi cocok mau berbuah terus, hebat khan. Sebelumnya dilanjutkan saya tunjukan ini buah strowbery tanaman aku, awas jangan "Ngiler" he..he..

Cuman maaf gambarnya rada kabur soalnya ambilnya sore-sore dan masalahnya lagi kameranya buat ambil macro kurang bagus, atau malah yang makai ya yang ndak bisa.
Ceritanya tanaman ini saya beli tanggal 17 agustus kemarin, pas jalan-jalan disimpang lima ndak segaja ada yang jual bibit strowbery ini.

Langsung aja mampir tanya sana sini, ternyata harga bibitnya cukup mahal yang kecil, baru daun tiga (kayak Athurium yang diitung daunnya) minta 10rb, kira-kira umur 1 bulan dan yang besar katanya dah umur 2 bulan, ya saya percaya aja. Tawar menawar akhirnya kena 7,500 saya hanya coba 1 dulu masalahnya mau luar kota takutnya ndak bisa ngerawat. Langsung bungkus, sampai dirumah di buka polibagnya, untuk saya ganti dengan pot yang lebih besar, karena belum punya polibag.

Kemarin sempat tanya-tanya polibag ukuran 20 harga 16rb isi kata penjualnya ndak tahu. Akhirnya saya pindah ke ember bekas, saya tambahkan tanah dan pupuk kandang sebagai media tamannya.
Cara memindahkan tanaman jangan sampai tanah yang ada di polibag lama pecah, atau dibuang.
- Tanaman pada Polibag disiram dulu jangan terlalu becek
- Tekan-tekan tanah, agar jadi cukup padat
- Gunting atau sobek polibagnya, pot, atau polibag yang sudah ada media tanah tadi di buat lubang.
- Masukkan tanaman dan tanah dari media yang lama ke media yang baru, tutupi dengan tanah yang baru, sambil ditekan-tekan
- Siram dengan air secukupnya.
- Letakkan pada tempat yang cukup teduh.
Kayak pak PPL aja ya. Tanaman saya ini saya taruh barengan ama tanaman hias lainnya, jadi kalau menyiram pasti ndak kelewat. Eh baru aja 1 minggu dah mulai tumbuh daun-daun baru, minggu berikutnya dah muncul bunga, jadi bangga banget, dan tiap hari pasti aku liatin.
Cuman buahnya kok lama banget ya untuk matangnya hampir 2 minggu lebih baru tampak memerah seperti gambar diatas. Seharusnya khan ini tanaman hidup di daerah sejuk, cuman ndak tahu kok mau hidup bagus di daerah aku. jadi penasaran pengin beli lagi, masih cari-cari penjualnya kapan ke daerah saya lagi, katanya dia dari daerah solo, tapi kurang jelas tepatnya, tapi saya dah tanya kontaknya tinggal kontak.
waduh PPLnya baru capek, lain waktu saya tulis lagi soal strowberi ini, kalau saya dah beli lagi, dah mau coba pembibitannya.

Tidak ada komentar: